Selasa, 22 Januari 2013

ASAL USUL KEHIDUPAN


 A.ASAL USUL KEHIDUPAN
                Sejak dahulu, orang mempertanyakan asal usul mahkluk hidup dan kehidupan di bumi ini. Banyak teori dan pendapat yang di kemukakan. Sebelum abad 17, banyak orang yang menganggap bahwa makhlik hidup berasal dari benda mati. Misalnya, ikan dan katak berasal dari lumpur, lalat berasal dari daging yang telah membusuk, dan sebagainya.
                Aristoteles berpendapat bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati dan terbentuk secara sepontan. Teorinya dikenal dengan nama generation spontanea.
Para ilmuan berusaha mencari jawaban tentang asal usul kehidupan dengan melakuan beberapa percobaan. Dari beberapa percobaan tersebut di hasilkan beberapa teori tentang kehidupan yang mengarah ke evolusi biologi.
1.TEORI KABUT
                Teori kabut menyatkan bahwa bintang-bintang di angkasa meledak. Hasil ledakan yang berupa debu dan gas membentuk kabut. Kabut ini disebut kabut asal atau nebula. Kabut ini kemudian memadat, lalu meledak lagi dan menghasilkan bintang-bintang baru dan planet-planet termasuk bumi.
2.TEORI BIG BANG
                Teori big bang (ledakan hebat) menyatakan bahwa kira-kira 15 meliar tahun yang lalu, semua materi di angkasa menyatu dan memadat (berkondensasi) membentuk satu bentukan yang mengecil. Selanjutnya, massa padat yang mengecil ini meledak dengan ledakan hebat. Debu dan gas gas hasil ledakan tersebut memebntuk bintang bintang generasi baru. Saat ini lah yang diperkirakan awal terbentuknya alam semesta. Bumi terbentuk sekitar 5 meliar tahun yang lalu, dan mahluk hidup muncul pertama di bumi sekitar 1 meliar tahun kemudian.






B.TEORI MENGENAI ASAL USUL KEHIDUPAN
1.TEORI ABIOGENESIS (generation spontanea)
a.       Teori Aristoteles
Menurut teori yang dikemukakanya, makhluk hidup berasal dari benda yang tak hidup. sebernarnya, Aristoteles mengetahui bahwa telur telur iksn merupakan hasil perkawinan akan menetes menghasilkan ikan yang sama dengan induknya, tetapi dia yakin bahwa ada ikan yang berasal dari lumpur. Makhluk tersebut terjadi secara spontan sehingga teori abiogenesis disebut juga generation spontanea.
b.       Teori John Needham
Dia melakukan percobaan dengan merebus sepotong  daging dalam wadah selama beberapa menit (tidak sampai steril). Air rebusan daging di simpan dalam botol dan di tutup dengan gabus. Setelah beberapa hari, air kaldu menjadi keruh yang di sebabkan adanya mikroba. John Needham menyimpulkan bahwa mikroba berasal dari air kaldu.
Jadi, menurut paham generation spontanea, semua kehidupan berasal dari benda tak hidup secara spontan,seperti :
a)       Ikan dan katak berasal dari lumpur
b)      Cacing berasal dari tanah
c)       Belatung terbentuk dari daging yang sudah membusuk
d)      Tikus berasal dari sekam dan kain yang kotor
c.       Teori Antonie Van Leeuuwenhoek
Dia berhasil membuat mikroskop sederhana. Dengan alat ini, ian dapat melihat benda-benda aneh yang sangat kecil dalam setetes rendaman air jerami. Penemuan inilah yang merupan awal runtuhnya paham abiogenesis.

2.TEORI BIOGENESIS
a)       Percobaan Francesco redi (1626-1697)
Pada percobaan nya yang pertama tahun1668, Redi menggunakan dua kerat daging segar dan dua toples. Toples I  di isi dengan dengan sekerat daging dan di tutup rapat rapat. Sedangkan toples II diisi dengan kerat daging dan dibiarkan terbuka.
Setelah beberapa hari,keadaan daging pada kedua toples tersebut di amati. Hasilnya, pada toples II daging telah membusuk dan didalamnya terdapat banyak larva. Redi menyimpulkan bahwa larva bukan berasal dari daging yang membusuk,tetapi berasal dari lalat yang masuk kemudian bertelur pada kerakan daging dan telur tersebut menetes menjadi larva.
Hasil percobaan tersebut mendapat sanggahan dari paham abiogenesis. Sanggahan tersebut adalah kehidupan pada toples I tidak dapat terjadi karena toples tersebut tertutup rapat tidak ada kontak dengan udara dari luar. Akibatnya, tidak ada daya hidup di dalam.
Untuk menjawab sanggahan tersebut,Redi melakukan percobaan keduan, yaitu meletakan daging pada toples tertutup kain kasa sehingga masih terjadi hubungan udara dari luar , tetapi lalat tidak dapat masuk. Hasilnya percobaan menunjukan  keratin daging membusuk, pada daging ini di temukan sedikit larva, dan pada kain kasa penutupnya di temukan lebih banyak larva. Redi berkesimpulan larva bukan berasal dari daging  yang membusuk, tetapi berasl dari lalat yang hinggap di kain kasa dan beberapa telur jatuh pada daging.
b)      Percobaan Lazzaro Spallanzani (1729 – 1799)
Percobaan Lazzaro Spallanzani pada prinsipnya sama seperti Redi, tetapi bahan yang di gunakan adalah kaldu air.
Labu I    : diisi 70 cc air kaldu, kemudian di panaskan 150 C dan di biarkan terbuka.
Labu II   : diisi 70 cc air kaldu, kemudian di tutup rapat dengan sumbat gabus, lalu di panaskan pada daerah pertemuan gabus dengan mulut labu dapat di olesi lilin agar lebih rapat.
Kedua labu tersebut di tempatkan di tempat terbuka dan didinginkan. Setelah beberapa hari kemudian, hasil percbaan menunjukan bahwa :
Labu I    : terjadi perubahan, air kaldu menjadi keruh dan berbau tidak enak, serta mengandung mikroba.
Labu II : tidak ada perubahan sama sekali,air tetap jernih dam tanpa mikroba. Tetapi, bila di biarkan terbuka lebih lama terdapat banyak mikroba.
                Spallanzani menyimpulkan bahwa timbul kehidupan jika mungkin telah ada        kehidupan sebelumnya. Jadi, mikroorganisme tersebut telah ada dan tersebar di udara.
c)       Percobaan Louis Pasteur
Orang yang memperkiat teori biogenesis dan menumbangkan teori abiogenesis singga tak tersanggah lagi adalah Louis Pasteur (1822 – 1895) seorang ahli biokimia berkebangsaan Prancis. Pasteur melakukan percobaan penyerpunaan dari percobaan Spallanzani. Pada percobaannya, Pasteur mengguanakan air kaldu dan tabung berleher angsa. Percobaanya adalah sebagai berikut :
1)       Air kaldu dimasukan kedalam laabu berleher angsa. Labu ini digunakan agar menjaga hubungan udara luar. Selanjutnya, labu dipanaskan untuk menenyeterilkan air kaldu dari mikoorganisme.
2)       Setelah dingin, labu ditempatkan pada tempat yang aman. Karena bentuk pipa seperti angsa, udara dari luar dapat masuk ke dalam labu dan menempel di dasar lehernya.sehingga udara yang masuk ke dalam labu adalah udara yang steril. Dalam percobaan ini masih ada daya hidup yang dipersoalkan seperti yang dianut paham Abiogenesis. Setelah dibiarkan beberapa hari, air kaldu tetap jernih dan tidak mengandung mikroorganisme.
3)       Labu yang air kaldu jernih, kemudian dipecahkan lehernya sehingga air kaldu bersentuhan dengan udara dari luar secara langsung. Setelah beberapa hari dibiarkan, air kaldu menjadi busuk dan banyak mengandung mikroorganisme.
Kesimpulan percobaan Pasteur adalah mikroorganisme yang ada pada air bukan berasal dari cairan (benda tak hidup), melaikan dari mikroorganisme yang terdapat diudara. Mikroorganisme yang ada diudara masuk ke dalam labu bersama-sama dengan debu.
Berdasarkan hasil percobaan tersebut, tumbanglah teori Abiogenesis dan muncul teori Biogenesis yang menyatakan bahwa :
a)       Omne vivum ex ovo, artinya setiap makhluk hidup berasal dari telur.
b)      Omne ovum ex vivo, artinya setiap telur berasal dari makhluk hidup.
c)       Omne vivum ex vivo, artinya setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.









C.TANYA JAWAB
1.       Pertanyaan dari Endang Sutendi
Mengapa bumi yang terbentuk dari gas, tetapi saat ini menjadi subur…???
Jawaban : Ketika bintang-bintang diangkasa menyatu dan memadat (berkondensasi), membentuk satuan volum kecil dan kemudian meledak dengan hebat, menjadi debu dan gas-gas  yang membentuk bintang-bintang generasi baru. Untuk membentuk menjadi keseluruhan diperlukan jangka waktu yang sangat lama pada gas tersebut.
Penambahan dari Endra Nugraha :
Pada jaman dahulu ada gas dan debu-debu yang sangat berputar kencang kemudian melintas pada pusaran gas dan debu tersebut kemudian akibat dari lintasan tersebut menjadi terpisah dan terbentuklah pelanet-pelanet meteorit dan juga bumi,teori ini di sebut teori pasang surut.
2.       Pertanyaan dari Rani Fuji
Bagaimana adanya telur lalat dalam daging…???
Jawaban : Dalam penjelasannya telah dijelaskan tadi bahwa Francessco melakukan percobaan dengan menyediakan dua toples  yang berisi potongan daging. Pada toples I ditutup rapat sehingga lalat tidak masuk kedalam toples tersebut. Sedangkan toples II dibiarkan terbuka sehingga lalat dapat masuk dan lalat tersebut meletakan telurnya pada daging tersebut terdapatlah belatung didalam daging.
3.       Pertanyaan dari Saeful Mubarok
Kenapa tori Abiogenesis bias goyah oleh teori Biogenesis..???
Jawaban : Karena semua orang tidak puas dengan teori yang dikemukakan oleh penganut paham Abiogenesis oleh karena itu ada orang yang mulai menyelidiki asal usul makhluk hidup melalui percobaan dan Teori Abiogenesis oleh bangsa Mesir dianggap naïf.
4.       Pertanyaan dari Indra Prayoga
Apakah benar katak dan ikan berasal dari lumpur…???
Jawaban : Sebenarnya katak dan ikan itu bukan berasal dari lumpur,akan tetapi menurut Aristoteles mengemukakan seperti itu secara spontan karena ada katak dan ikan yang muncul secara tiba-tiba dari llumpur.padahal kenyataanya sudah ada dari tadinya.
Tambahan dari Dede Mulyaman :
Menurut Abiogenesis mahkluk hidup itu berasal dari benda mati. Misalnya, katak dan ikan berasal dari lumpur,tikus berasal dari sekam dan kain kotor dan lain lain,jadi teori itu hanya perkiraan dan benar atau tidaknya belum tentu.
D.KESIMPULAN

               
                Dari hasil diskusi kelompok kami dapat disimpulkan bahwa asal usul kehidupan terdrdi dari teori Abiogenesis dan teori Biogenesis,menurut teori Abiogenesis bahwa makhluk hidup itu berasal dari benda mati. Sedangkan, menurut teori Biogenesis menyatakan bahwa mahkluk hidup itu berasal dari benda hidup juga. Kedua teori tersebut saling bertentangan dan belum ada hasil yang paling memuaskan tentang jawaban dari teori teori tersebut, tetapi kita sebagai makluk Tuhan yang beragama dan berketuhanan kita meyakini bahwa Tuhanlah yang menciptakan semua makhluk yang ada di muka bumi ini, tentang bagimana Tuhan membuat mahkluknya biarkanlah semua menjadi rahasia Tuhan. Karena Tuhan menciptakan mahkluknya dengan penciptaan sebaik-bainya.dan dengan keguna gunaanya,kita sebagai mahkluknya hanya patut taat dan mensyukurinya atas semua ciptaannya itu.




















E.DAFTAR PUSTAKA


Adisoemarto,S. 1992.Mengenal Nusantara Jenis – Jenis Fauna Penjati Diri Propinsi.            Bogor: Komisi pengawasan nutfah nasional.
Depdiknas. 2003.Kamus Biologi. Jakarta: Balai Pustaka.
Abdurrahman,Maman,dkk. 2006. Uji Kopetensi Biologi SMA Kelas               X,XI,XII.Bnadung:Pustaka Setia


























KATA PENGANTAR

                Puji dan syukur marilh kita panjatkan kehadirat Allh SWT, yang telah memberikan kudrot dan irodatnya kepada kami sehingga kami dapat menyusun laporan diskusi tentang asal usul kehidupan, tidak lupa juga solawat beserta salam smoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tidak lupa kepada para keluarganya dan mudah – mudahan sampai kepada kita semua nanti di waljaja wal hisab mendapatkan syafaatul ujmanya “amin”.
                Kami berharap dengan adanya laporan tentang teori asal usul kehidupan ini dapat memberikan mafaat dan pengetahuan kepada kita semua, dalam penulisan ini kami menyadari masih banyak kekurangannya, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan sarannya kepada semua pihak, agar di lain kesempatam kami bisa berbuat lebih baik lagi.








Bungbulang, 28 Nopember 2011

Penulis




LAPORAN DISKUSI
ASAL USUL KEHIDUPAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2011 - 2012
disusun oleh,
Rela Larasi P
Siti Aminah
Wiwik Rahmawati
Zainal Arief


Kelas XII IPA 2

sma.jpg
SMA NEGERI 7 GARUT
Jalan Hanjuang nomor 20 telepon (0262)2520182 Bungbulang – Garut        44165

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar